Tips Sukses Menghadapi Ujian di Al Azhar

Di awal tahun ajaran baru tahun 2012 bagi mahasiswa baru adalah salah satu ancaman besar dan juga tantangan yang menentukan masa depannya beberapa tahun ke depan. kesuksesan di tahun pertama adalah kunci untuk mendapatkan kesuksesan yang lebih lagi di tahun berikutnya. Begitu juga sebaliknya. Berikut ini langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat menghadapi ujian,:
1. yang paling penting adalah selalu berusaha mengikhlaskan niat, bahwa belajar hanya karena Allah dan mengharap Ridlo-Nya.
2. menghitung potensi waktu yang tersedia sampai waktu ujian.
3.mengambil lima sampai tujuh hari dari waktu ujian untuk menjaga beberapa hal yang terduga.
4. membagi jumlah hari tadi dengan jumlah materi yang akan diujikan. kemudian memilih beberapa materi yang memerlukan konsentrasi lebih, agar menpadatkan porsi waktu yang memadai.
5. rata-rata menargetkan tamat membaca setiap satu muqorror (diktat)  dalam waktu tiga sampai empat hari dalam bacaan pertama.
6.meletakan pertanyaan dan mencoba menjawabnya di setiap bagian materi pelajaran. atau menjawab pertanyaan beberapa tahun yang lalu, kalau masih sama dan relevan.

Tahap-Tahap Membaca Muqorror
1. Melihat daftar isi kemudian kemudian membacanya dengan cepat.
2. membaca dan memahami hal-hal yang penting di setiap bagian, kemudian diberikan garis bawah atau stabilo
3.Membaca serta mengumpulkan poin-poin yang berserakan di awal bagian poin itu, agar tidak lupa umlah bagian yang ada di bagian tersebut, kalau ada yang mirip jangan sampai tertukar.
4.membuat  khulasoh untuk meteri-materi yang perlu diringkas.seperti Tauhid, Manti, dan Tayyarat.
5.menghapal bagian-bagian penting, baik ayat Al Qur'an hadist dan kaidah. selain itu juga menghapal khulasoh di atas sampai betul-bertul menguasainya.
6.berhenti dalam setiap akhir bagian dan mencoba membayangkannya dalam pikiran, kalau ada yang lupa, lihat lagi bagian yang lupa.
7. terus mengulang-ngulang bacaan selama ada kesempatan. karena pelajar yang IQ nya biasa atau normal akan lupa setelah membaca 75% dari apa yang diserap.
yang tak kalah pentingnya adalah menyelingi proses menghapal dengan membaca Al Qur'an atau menghapalnya.hal tersebut akan menghilangkan rasa bosan.

Persiapan Menghadapi Ujian
menjaga kesehatan badan adalah hal yang  penting sebelum menghadapi ujian. untuk mendukung kesehatan tubuh lebih baik mengkonsumsi buah-buahan dan makan secara teratur di tambah dengan olahraga secukupnya.
dan satu hal yang amat urgen sekali adalah memohon pertolongan kepada Allah. kerena sehebat apapun kita, tanpa ijin dan kuasaNya niscaya impian kita tidak akan pernah tercapai.
Setelah menghapal saya harus menjawab soal dengan baik..
Berikut langkah-langkah dalam menjawab soal.:
1. Memahami soal sebaik-baiknya.  karena pribahasa mengatakan "fahmu sual nishful jawab"
2. Memberikan tanda Khusus pada setiap poin dalam setiap pertnyaan agar tidak keliru beberapa hal yang diminta dalam satu soal.
3. Kemudian memulai dengan basmalah, dan menulisnya memulai dengan jawaban yang paling mudah dan hati-hati kalau ada poin yang tertinggal.
4. menulis jawaban dengan logis dan sistematis dalam cara penulisan. sehingga masing-masing bagian diletakan di tempatnya, sesuai dan sejajar dengan yang lainnya, sehingga keliahatan selaras dan harmonis.
5. memberikan garis pinggir pada lembar jawaban bila perlu.
6.memilih uslub (gaya) bahasa  yang cocok bagi setiap materi. sebab, setiap meteri mempunyai gaya bahasa dan ta'bir tersendiri.
7. meneliti setiap poin jawaban sebelum pindah ke pertanyaan selanjutnya, agar kalau terjadi kesalahan, atau kekurangan bisa langsung diperbaiki.
8.setelah selesai menjawab soal, periksa kembali jawabannya. Apakah sesuai dengan apa yang diminta atau tidak. terliti jangan-jangan terdapat keselahan tulisan. atau terlewat satu atau dua kata yang dapat merubah makna intinya. kemudian melakukan perbaikan bila ada.
9. mengakhirinya dengan Doa agar diberikan kemudahan dan kebaikan, dan tidak keluar beberapa menit waktu akan habis.
10.berusaha tidak membicarakan materi sudah diujikan.karena hanya akan menambah masalah dan menggangu ujian selanjutnya. atau meresa sombong ketika bisa mengisi dengan tepat.
11. dan yang terakhir adalah menerima hasilnya dengan ihklas dan lapang dada dalam rencana Allah yang Maha Kuasa.




0 komentar: